Rabu, 19 Oktober 2016

Masyarakat Adat Badui tetap memegang Teguh tradisi yang merupakan Kearifan Lokal

 
Gambar 2.10 Masyarakat Adat Badui tetap memegang Teguh tradisi yang merupakan Kearifan Lokal 

  Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarkat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut. 
Dan salah satu yang Masih mempertahankan Kearifan Lokal adalah  Orang Kanekes atau yang disebut dengan orang Baduy yang merupakan suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 12.000 orang, dan mereka merupakan salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar. Selain itu mereka juga memiliki keyakinan tabu untuk difoto, khususnya penduduk wilayah Baduy dalam.
 Ditengah-tengah gempuran modernitas dan globalisasi saat ini, nilai budaya dasar yang dimiliki dan diyakininya. Kearifan lokal dimasyarakat Baduy memberikan banyak pelajaran berharga untuk masyarakat kita yang sudah banyak sekali termakan oleh modernitas. Oleh karena itu banyak sekali baik individu atau kelompok yang datang dan berkunjung ke suku Baduy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar